Ibu dan Anak

3 Faktor Penyebab Anak Mengompol Saat Tertidur

Kadang anak kita mengompol disaat sedang tertidur. Tentunya hal ini akan membuat kita agak kesal karena tempat tidur anak kita menjadi basah, kotor dan bau. Jika mengompol ini sering terjadi bahkan sudah menjadi kebiasaan akan sangat merepotkan kita karena kita harus sering sering mengganti sprei anak kita. Dan juga kita harus sering menjemurkan kasurnya hingga kering. Tentunya cucian kita juga akan selalu bertambah banyak dengan sering adanya sprei yang kotor dan basah. Lalu faktor apa yang biasanya menyebabkan akan itu mengompol ketika sedang tidur? 3 faktor penyebab anak mengompol saat tertidur diantaranya :

  • Sebelum Tidur Tidak Buang Air Kecil Dulu

Membiasakan anak untuk buang air kecil terlebih dahulu sebelum tidur adalah sebagai salah satu cara pencegahan anak tidak mengompol saat tidur. Namun kadang hal ini tidak dilakukan karena anak ketiduran tanpa buang air kecil dulu. Sebagai contoh anak ketika sedang tiduran sambil nonton TV di sofa atau karpet ketiduran karena mungkin kecapean setelah seharian beraktivitas.

  • Sebelum Tidur Minum Air Terlalu Banyak

Kadang beberapa anak selalu minum dulu sebelum tidur misal minum air putih atau susu. Jika anak minum terlalu banyak kemungkinan anak akan mengompol ketika tidur. Terlalu banyak minum menyebabkan kandung kemih penuh sehingga saat tertidur anak tidak akan merasa bila air seni didalamnya sudah penuh.

  • Lingkungan

Lingkungan juga berpengaruh sebagai pemicu anak mengompol ketika tidur. Misalnya ketika musim hujan seperti sekarang ini dimana cuacanya dingin biasanya menyebabkan anak ingin sering buang air kecil. Apalagi ketika hujannya turun dimalam hari memungkinkan anak untuk tertidur dengan lelap dan nyenyak sehingga anak malas untuk buang air kecil.

Itulah 3 faktor penyebab anak sering mengompol ketika sedang tertidur.

Related posts

Leave a Comment