Ibu dan Anak

3 Manfaat yang Bisa Didapat Bila Anak Bermain Bersama Teman Sebaya

Dummy

Bermain menjadi aktivitas yang paling menyenangkan bagi anak-anak. Lebih dari separuh waktunya dihabiskan untuk kegiatan satu ini. Baik bermain sendiri maupun dengan teman-teman sebayanya. Ada manfaat yang bisa mereka dapatkan dengan bermain bersama teman sebaya, lho!

Anda tak perlu khawatir mereka kotor atau bau ketika bermain terlebih bila bermain outdoor Kini hadir DOREMI Thomas & Friends yang lucu dan pastinya menyegarkan. Melalui program #GreatAdventureAwaits, DOREMI juga mengajak anak-anak untuk seru-seruan bersama teman tanpa harus takut kotor. Nah, ini dia manfaat bermain bersama teman tadi!

  1. Melatih Komunikasi

Bermain dengan banyak teman tentunya membuat anak-anak harus berkomunikasi satu sama lain agar permainan berjalan baik dan lancar. Nah, ini membuat kemampuan berkomunikasi mereka menjadi lebih baik. Bila biasanya di rumah anak-anak hanya berkomunikasi dengan orang tuanya, di sini mereka bisa berkomunikasi dengan lebih banyak orang.

Lagipula, yang bisa mereka bicarakan antar teman sebaya jauh lebih luas dibanding dengan orangtua dan mereka bisa saling mengerti. Mereka juga bisa saling bertukar pendapat dan pikiran tanpa takut salah.

Keuntungan bermain bersama teman sebaya yang satu ini bisa membuat si kecil terhindari dari minder. Dengan kata lain, kepercayaan diri mereka akan lebih tinggi. Banyak orangtua yang tak menyadari ini. Namun, ternyata bermain bersama teman sebaya bisa berdampak baik bagi kepercayaan diri mereka.

Sebisa mungkin biarkan mereka bermain bersama teman di luar rumah. Ini juga bermanfaat untuk kesehatan serta motorik mereka. Bermain terlalu lama di dalam rumah, terlebih hanya memainkan gadget saja tidaklah baik untuk anak-anak.

  1. Melatih Sosialisasi

Dengan bermain bersama teman sebaya, anak Anda juga bisa melatih kemampuan sosialisasinya. Mereka bisa beradaptasi dengan hal baru, apakah itu teman baru atau lainnya dengan mudah. Bila nantinya mereka berada di tempat baru juga, mereka akan mudah bersosialisasi.

Dengan semakin sering bertemu dan bermain bersama teman sebaya, secara tak langsung anak-anak akan belajar mengenal orang lain dan mudah bergaul dengan lingkungan. Kebiasaan baik ini tentunya bisa dibawa mereka sampai besar hingga mereka akan mudah diterima di manapun mereka berada.

Akan lebih baik, bila Anda tetap mengawasi dan mengajak anak-anak ini bermain bersama semisal bermain masak-masakan atau pura-pura berkemah di halaman. Anda bisa mengajarkan mereka tentang cara sosialisasi dengan alam dan sesama lebih mudah.

  1. Memperkaya Pengalaman

Keuntungan selanjutnya yang bisa anak Anda dapat dengan bermain bersama teman sebayanya adalah bertambahnya pengalaman. Semisal anak Anda penakut pada cacing dan memiliki teman sebaya yang berani, mereka pastinya mau tak mau mengikuti teman-teman sebayanya bila tak mau ditinggalkan.

Ini memang terkesan agak memaksa, namun sebenarnya bisa menambah pengalaman mereka. Main bersama teman sebaya biasanya mereka juga akan main ke banyak tempat. Apakah itu ke rumah teman lain atau mengunjungi tempat di sekitar kompleks rumah. Hal ini tentunya tak bisa anak-anak dapatkan bila hanya bermain sendiri, kan?

Mereka juga bisa mencoba banyak hal baru bersama-sama dan berbagi ilmu pengetahuan seperti mengenali jenis kupu-kupu, semut, bunga, dan sebagainya. Hal-hal semacam ini belum tentu bisa mereka dapatkan dari Anda, kan?

Biarkan anak bermain dengan teman sebayanya tanpa takut kotor dan bau karena kini ada perawatan tubuh anak DOREMI Thomas & Friends yang akan mengatasinya. Hadir dengan wangi buah-buahan yang segar, DOREMI membuat petualangan si kecil dan temannya jadi lebih seru. Biarkan mereka mengembangkan kemampuan diri bersama teman tanpa ada rasa khawatir pada Anda.

Related posts

Leave a Comment