Berita dan Informasi

3 Peribahasa Ini Dikaitkan Dengan Seekor Binatang

Dalam kehidupan sehari hari tak sedikit orang mengungkapakan keadaan yang sedang terjadi baik untuk dirinya sendiri atau juga untuk orang lain dengan menggunakan sebuah peribahasa. Peribahasa itu sendiri merupakan susunan beberapa kalimat yang mempunyai arti untuk mengungkapan suatu kejadian yang sedang terjadi atas seseorang atau dirinya sendiri. Peribahasa juga bisa disebut dengan perumpamaan atau juga diibaratkan. Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis tentang 3 peribahasa yang mengungkapan keadaan seseorang yang mengharapakan sesuatu yang tidak mungkin akan dia dapatkan. Dalam kesempatan ini saya akan membahas 3 peribahasa yang dikaitkan dengan seekor binatang diantaranya adalah :

  • Bagai Burung Dalam Sangkar

“Bagai Burung Dalam Sangkar” ini merupakan sebuah peribahasa yang menceritakan keadaan seseorang yang hidupnya itu tidak bebas. Seseorang ini hidupnya dalam tekanan atau aturan sebuah hubungan atau keluarga. Contohnya seorang anak yang sangat dikekang oleh orang tuanya misal tidak boleh ini tidak boleh itu sehingga anak itu akan merasa berada dalam sebuah kurungan.

  • Anjing Menggonggong Kafilah Berlalu

“Anjing Menggonggong Kafilah Berlalu” adalah perumpamaan untuk seseorang yang biasanya tidak peduli atau tidak ambil pusing dengan orang orang yang tidak suka dengan dirinya. Perumpaan untuk seseorang yang tidak peduli dengan orang lain yang membicarakan dirinya karena seseorang ini yakin nantinya orang orang yang membicarakannya itu akan cape sendiri.

  • Bagai Anak Ayam Kehilangan Induknya

Bagai Anak Ayam Kehilangan Induknya” merupakan sebuah peribahasa yang mengungkapan keadaan seseorang yang kehilangan pegangan hidupnya. Seekor anak ayam tentu akan sangat kebingungan jika kehilangan induknya. Tidak ada yang menemani dan melindunginya saat bahaya menyerang. Begitupun seseorang yang kehilangan pegangan hidupnya tentu akan sangat kebingungan.

Itulah 3 peribahasa yang dikaitkan dengan seekor binatang.

Related posts

Leave a Comment